Wednesday, 5 March 2014

Bagaimana Kandang Yang Nyaman Buat Kucing Persia

Kandang kucing dari sisi penemapat dibagi menjadi dua. Kandang yang berada dalam ruangan rumah dan kandang yang berada di luar ruangan rumah. Kandang dalam ruangan rumah biasanya bentuknya persegi dengan bahan yang terbuat dari besi atau baja tahan karat. 


Kandang dalam ruangan biasanya digunakan untuk anakan kucing yang baru disapih dari induknya,dengan ukuran kira-kira paling kecil berukuran 80 cm x 50 cm, kandang berukuran sedang, besar, atau kandang dengan bentuk tingkat dapat dipilih sebagai alternatif “rumah” kucing. Pilihlah kandang yang sesuai dengan ukuran tubuh kucing, apakah kucing yang anda miliki cukup besar sehingga terasa tidak nyaman saat tidur dengan kantong dan tempat makan di kanan-kirinya atau masih tersisa tempat untuknya. Kandang dengan tempat tidur khusus yang diletakkan di atas lantai kandang bertingkat lebih baik dari pada kandang yang lebih pendek. Apapun pilihannya kandang dalam ruangan, sebaiknya anda bersihkan kandang sehari sekali atau minimal dua hingga tiga hari sekali untuk menghindari kuman penyakit bersarang di dalam kandang atau tempat pup-nya dengan cairan yang mengandung disinfektan. Kandang yang berada diluar rumah dibangun di luar dari ruangan, kandang tersebut dapat dibentuk sesuai kehendak, ukuran dan model kandang dapat bervariasi sesuai dengan selera atau sesuai dengan tema rumah pemilik. Dengan kandang ini,kucing akan merasa lebih nyaman karena ruangan yang disediakan cukup luas untuk bermain, makan, minum, pup, dan tidur ditempat-tempat yang berjauhan. Kandang ini dapat dibuat dari kawat baja atau kaca mempertimbangkan sirkulasi udara yang supaya tetap bagus dalam kandang. Kandang luar ruangan dibuat dengan memperhatikan posisi pintu depan serta kondisi suhu ruangan. Pintu depan sebaiknya mengarah ke area luar yg luas, serta kandang secara keseluruhan suhu didalamnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Perlu juga kandang luar ruangan dibuatkan sebuah kandang kecil di dalamnya agar kucing tidak merasa bosan. Banyauk fasilitas yang dapat dimasukkan di dalam kandang adalah tempat tidur kucing, misalnya bantal kucing, meja atau kursi, tempat makan dan minum, tempat pup dan beberapa mainan kucing bila ada kitten di dalam.


 Pembuatan kandang kucing perlu juga diperhatikan syarat-syaratnya, yaitu ukuran kucing yang akan menempatinya, berat bandan kucing, juga desain yang elok agar kelihatan kesesuaiannya dengan rumah pemilik kucing. Dari segi bahan pembuat kandang yang terbaik adalah alumunium karena selain tahan lama, bahan tersebut lebih ringan serta tahan karat..Pintu kandang pada pembuatannya juga harus memperhatikan ukuran tubuh kucing. Buatlah ukuran pintu kandang secara proporsional. Sehingga kucing bisa keluar masuk dengan mudah dan nyaman.

1 comment:

  1. Nice blog articles for readers. If interested may visit my blog car tire radial

    ReplyDelete