Saturday 5 April 2014

Bagaimanakah psikologi kucing peliharaan kita ?

Seperti halnya manusia, binatang juga memilki perasaan yang kuat. Kucing yang kita pelihara juga memiliki perasaan yang bisa menentukan prilaku kesehariannya. Kucing juga mengalami tahapan perkembangan kejiwaan mulai dari kecil, kucing akan mencoba segala sesuatu yang baru. Kucing kecil memiliki rasa ingin tahu yang kuat, juga dia memiliki jiwa yang selalu ingin bermain. Kucing kecil masih sangat tergantung oleh induknya, dan secara pasti sang induk akan menuntunnya dan mengajarkan semua perilaku dasar kucing.

psikologi kucing peliharaan

Bagaimana perkembangan kucing setelah dewasa ?

Demikian juga kucing bila sudah beranjak dewasa, dia akan mulai mencari jati dirinya. Sang kucing mulai tumbuh dan belajar untuk mencari mangsa. Secara kodratnya kucing merupakan binatang karnivora yang secara alamiah dia merupakan binatang pemakan daging yang secara prinsip dia memang mengkonsumsi daging. Kita sebagai pemilik kucing harus memahami hal tersebut. Walaupun dalam bentuk yang berbeda, makanan utama kucing adalah makanan yang berbahan dasar daging. Selanjutnya mengenai kejiwaan kucing. Kucing akan menjadi liar apabila dia jarang bertemu dengan manusia. Kucing peliharaan akan terbiasa dengan kehidupan manusia, apabila sering berinteraksi dengan pemiliknya. Sang kucing akan nyaman dan merasa menjadi bagian dari sang pemilik. Kucing peliharaan kita mesti kita belai dan pegang secara rutin, agar dia tidak merasa jauh dari kita sebagai pemiliknya. Kita sebagai pemilik juga harus memperhatikan mengenai jenis makanan dan porsi makanan yang disajikan untuk si kucing. Jangan sampai kucing kita merasa lapar dan hal ini juga memberikan dampak psikologi yang buruk untuk kucing kita. Sebagai pemilik, kita juga harus bersikap lembut terhadap kucing peliharaan kita. Kucing akan menjadi tidak nyaman apabila kita bersikap kasar dan menyakitinya.

Sikap yang baik, sayang, dan perhatian akan menjadikan kucing peliharaan kita nyaman dan senang terhadap diri kita. Dan hal ini kucing kita  juga akan  bersikap sama terhadap siapapun yang mendekat dan memegangnya. Jadi kucing walaupun dasarnya adalah binatang karnivora, dia juga bisa bersikap lembut kepada manusia, bila dia secara psikologi telah nyaman dan merasa aman di sekitar kita.


No comments:

Post a Comment