Wednesday 15 January 2014

Bagaimana Cara Untuk Merawat Kucing Persia Yang Baik



Merawat kucing bagi sebagian orang kadangkala masih merupakan hal yang kurang dipahami. Apalagi kucing persia yang memiliki bulu yang indah memang ideal dijadikan hewan peliharaan di rumah. Namun, jenis kucing peliharaan ini memerlukan perawatan khusus agar bulunya tetap terawat dengan  sehat dan indah. Bagi yang sebagian orang perawatan, tentunya akan memerlukan biaya yang besar, namun anda jangan khawatir, perawatan khusus tidak berarti sulit atau memerlukan biaya besar. 
Kucing persia putih

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai acuan dasar dalam merawat kucing Persia.

1.  Kucing Persia memiliki bulu yang panjang, jadi untuk perawatannya kucing Persia harus disikat (disisir) setiap hari bulunya dengan lembut agar tetap terjaga bentuk indahnya.Ini merupakan perawatan dasar yang mestinya dilakukan mengingat kucing Persia memiliki kemampuan terbatas untuk merawat bulu mereka sendiri. Idealnya, bulu kucing Persia harus disisir dengan sisir yang terbuat dari  logam dua kali sehari untuk mencegah kusut dan memastikan bulunya  tetap bersih rapi dan berkilau.



2.   Sebagai perawatan tambahan, seka bulu-bulu kucing persia dengan tisu bayi setiap hari.Tisu bayi adalah alat seka yang ideal digunakan karena selain akan membuat bulu kucing berbau harum, juga tidak akan menyebabkan alergi karena formula tisu bayi yang lembut.

3.  Jika kondisi bulu kucing Persia sudah terlanjur kusut dan susah untuk disisir, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan meminta bantuan profesional. Bulu kusut bisa menyakitkan dan membuat kulit mereka tertarik atau bahkan terluka. Apabila anda bisa bersabar dalam menyisir, usahakan agar bulu tidak tertarik dengan keras saat anda menyisir.

4.  Sebagian besar kucing persia memiliki permasalahan dengan saluran air mata mereka. Kucing dengan masalah ini cenderung akan banyak mengeluarkan air mata. Jika hal ini yang terjadi, pastikan untuk menggunakan tisu mata yang sesuai untuk membersihkan mata dan daerah hidung kucing persia anda. Area hidung yang jarang dibersihkan bisa saja menjadi kotor dan tersumbat sehingga kucing menjadi kesulitan bernapas.

5.  Beri makan kucing persia dengan makanan yang dikhususkan atau cocok untuk jenis kucing ini.Makanan harus mengandung  nutrisi yang diperlukan agar kucing  selalu berada dalam kondisi prima, penuh energi, serta bulu yang tumbuh indah dan mengkilap.

6.    Pastikan anda memiliki cukup waktu luang setiap hari untuk bermain dengan kucing persia anda. Berikan berbagai mainan yang disukainya. Kucing jenis ini umumnya dipelihara di dalam rumah. Mengajaknya bermain bersama akan membuatnya tetap aktif dan tidak jemu sehingga kucing anda tidak stress.

7.   Kucing Persia adalah jenis kucing pemilih dan cenderung suka di tempat yang bersih, maka tempat pembuangan kotoran mereka harus dibersihkan setiap hari,mereka menyukai tinggal di tempat yang bersih dan nyaman.

8. Apabila memungkinkan berilah jendela kecil atau ruang kosong di sekitar jendela rumah agar kucing Persia dapat berjemur. Karena dengan berjemur bisa membantu menjaga kesehatan mereka.

kucing persia imut


Demikian beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam merawat kucing Persia. Memiliki binatang peliharaan kucing Persia memang memerlukan perhatian yang khusus agar terpelihara dengan baik.

No comments:

Post a Comment