Tuesday 15 July 2014

Cara memandikan dengan benar agar bersih dan nyaman bagi si kucing

Secara alamiah setiap kucing akan melakukan proses pemeliharaan bulunya dengan cara dijilat-jilat pada seluruh tubuhnya. Dengan tekstur kasar yang ada pada permukaan lidahnya, kucing menjilat bulu dengan tujuan agar kotoran dapat lepas dari bulu-bulu dan menjadi bersih. Tetapi kadangkala proses pembersihan ini tidaklah sempurna, bila si kucing bermain di tempat yang berdebu. Bulu tidak bersih sempurna bahkan masih meninggalkan aroma yang kurang nyaman bagi pemiliknya. 

cara menadikan kucing dengan baik dan benar

Cara memandikan kucing dengan benar

Berikut ini kami coba sampaikan beberapa tahapan cara proses memandikan si kucing agar menjadi bersih dan nyaman dipelihara dilingkungan dalam rumah kita.
  1. Persiapkan pada dua tempat, air hangat dengan suhu yang sesuai dengan suhu kucing kita didalam wadah yang cukup untuk merendam seluruh tubuh kucing kita, tambahkan shampoo khusus untuk memandikan kucing sesuai takaran dan aduk hingga tercampur sempurna.
  2. Persiapkan kucing akan kita mandikan, pegang secara lembut dari posisi bawah badan agar kucing menjadi nyaman, dan masukkan kedalam wadah dengan perlahan hingga seluruh tubuh terendam sempurna.
  3. Gosok secara perlahan bulu-bulu pada tubuh kucing kita, mulai dari atas kepala sampai dengan ujung ekor secara memutar, agar kotoran yang melekat dapat terlepas dengan baik.
  4. Setelah dipastikan kotoran terlepas dengan baik, angkat kucing dari dalam wadah tadi dan letakkan pada wadah yang telah terisi air hangat yang satunya untuk proses pembilasan. Rendam dan bilas tubuh kucing secara perlahan hingga sisa sisa shampoo hilang dari badan dan bulu kucing kita.
  5. Selanjutnya,angkat kucing dan taruh diatas handuk yang telah dipersiapkan, balut seluruh tubuh kucing agar air dapat diserap oleh handuk dengan sempurna, dan bila perlu tambahkan handuk lagi agar bulu kucing benar benar kering.
  6. Siapkan hair dryer dan keringkan bulu kucing dengan hair dryer secara bertahap, dan pastikan bulu benar-benar kering sambil kita sisir bulu kucing tersebut dengan sisir logam agar rapi.
  7. Pastikan semua proses memandikan kucing kita lakukan dengan hati-hati dan cepat, untuk menghindari kucing kedinginan bila terlalu lama berendam dalam air saat proses mandi kita lakukan.
 Demikian beberapa tahapan dalam memandikan kucing kita agar terbebas dari kotoran. Proses memandikan bisa kita lakukan secara rutin, atau berkala. Bila kucing kita bersih, maka bisa terhindar dari penyakit, dan yang pastinya penyakit kutu pada kulit tidak akan terjadi.

No comments:

Post a Comment