Monday 26 January 2015

Ciri-ciri kucing yang sedang sakit

Kucing baik itu kucing local ataupun jenis persia, apabila sedang tidak enak badan atau sakit akan menunjukkan sikap dan prilaku yang berbeda. Sikap dan prilaku ini seringkali tidak dipahami oleh sang pemilik. Berikut ini beberapa ciri-ciri kucing yang sedang sakit dan perlu diketahui oleh pemiliknya.
ciri-ciri kucing yang sakit, penyakit pada kucing, ciri penyakit kucing
  1. Mata berair, cenderung redup. Kucing apabila sedang mengalami sakit, maka salah satu ciri khasnya adalah dengan berairnya mata dan mengeluarkan kotoran mata secara berlebihan. Ciri ini biasanya akan diikuti dengan ciri - ciri selanjutnya.
  2. Bulu badan kusam dan mudah rontok. Karena kondisi badan yang tidak sehat, maka kucing akan mengalami kerontokan pada bulu-bulunya.  Bulu kucing akan sedikit demi sedikit mengalami kerontokan, karena kondisi dalam tubuh si kucing yang mengalami kesakitan dan menahannya yang berimbas pada kerontokan bulu-bulu.
  3. Lubang telinga kotor. Kucing yang mengalami kesakitan, salah satu cirinya adalah kondisi dalam telinga yang tidak kering atau bersih. Telinga cenderung mengeluarkan cairan, dan kotoran telinga kucing yang sakit tersebut tidak kering.
  4. Badan cenderung kerempeng. Kucing yang sedang mengalami kondisi sakit, dia akan secara drastis akan mengalami penurunan berat badan. Kucing akan berkurang nafsu makannya, dan hal ini menyebabkan tubuhnya menjadi kurus dengan cepat.
  5. PUP yang tidak teratur dan cenderung lembek. Kucing yang sedang mengalami sakit, biasanya bila pup akan mengeluarkan kotoran yang tidak semestinya, dan cenderung lembek atau cair.
  6. Kucing suka menyendiri. Binatang kucing merupakan binatang yang aktif. Bila pemilik mengamati sang kucing sering menyendiri, dan berprilaku yang lesu, maka dapat dipastikan sang kucing sedang tidak enak badan dan perlu untuk dibawa ke dokter hewan.
  7. Sering tidur. Kucing yang sering tidur tidak seperti biasanya, maka dapat dipastikan sedang mengalami sakit. Binatang kucing merupakan binatang yang aktif, manakala diluar kebiasaanya yang sering tidur, dan apabila terbangun mengalami sempoyongan saat berdiri, dapat dipastikan si kucing sedang mengalami sakit. Untuk itu maka sebaiknya segera di bawa kedokter hewan terdekat.
Demikian beberapa ciri kondisi kucing yang sedang mengalami sakit atau tidak enak badan. Dengan mengamati ciri-ciri ini, maka kita dapat mengetahui dari awal kondisi yang kemungkinan terjadi terhadap kucing kesayangan kita. Kita dapat memberikan pertolongan pertama, dan sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment