Saturday 7 February 2015

Cara merawat keindahan bulu kucing

Bulu kucing merupakan bagian yang menentukan secara fisual keindahan dan kesehatan kucing pada umumnya. Bulu yang terlihat bersih, lebat dan cerah menunjukkan bahwa kucing peliharaan kita sehat dan lucu. Selain dari gemuk dan cerianya kucing peliharaan kita, bulu yang indah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi si kucing untuk lebih kita sayangi.
bulu indah kucing, bulu sehat kucing, cara merawat bulu kucing, tips merawat bulu kucing, bulu indah kucing persia

Kucing peliharaan kita akan memiliki bulu yang indah apabila kondisi fisik terawat dengan baik. Asupan gizi yang cukup, kebersihan lingkungan tempat tinggal, serta kebersihan tubuh si kucing menentukan kondisi kecantikan kucing peliharaan kita. Berikut ini beberapa tips dan cara untuk merawat keindahan bulu kucing peliharaan kita :
  1. Sebelum kita masuk dalam perawatan fisik kucing peliharaan kita, pastikan dulu lingkungan tempat kucing kesayangan kita bersih dari kotoran, bersih dari sampah dan selalu seteril dari kuman yang dikhawatirkan dapat menjadikan kucing kesayangan kita sakit.
  2. Pastikan kucing kesayangan kita mendapatkan asupan makanan yang sehat dan menyehatkan bagi tubuh si kucing. Makanan harus cukup nutrisi seperti protein, karbohidrat, serta cukup serat agar metabolisme tubuh menjadi lancar.
  3. Perlu diingat, manakala kucing kesayangan kita mendapat makanan yang tidak proporsional, akan mengganggu proses pencernaan sehingga nutrisi yang mensuplai ke kulit akan kurang dan hal ini akan berakibat pada kerontokan bulu.
  4. Selalu pegang kucing kesayangan kita sembari sedikit di elus dan dilakukan ke seluruh tubuhnya agar kulit kucing kesayangan kita seakan-akan mendapatkan pijatan halus. Hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah di sekujur tubuh, dan akan berdampak pada bulu-bulu kucing yang akan semakin indah.
  5. Perhatikan selalu bagian kulit yang terluka. Apabila kucing kesayangan kita mengalami lecet, atau luka, perlu kita prioritaskan untuk proses pengobatannya agar bulu- bulu indah cepat tumbuh dan kucing kesayangan kita tidak mengalami kesakitan yang berkepanjangan.
  6. Sisirlah bulu-bulu kucing kesayangan kita dengan lembut dan proses penyisiran harus mendalam sampai menyentuh kulit dasar. Hal ini selain untuk merapikan bulu-bulu, juga bertujuan untuk memberikan pijatan halus pada tubuh kucing dan membuang kotoran yang melekat pada bulu-bulu.
  7. Segera obati kucing kesayangan kita, apabila kita ketemukan kutu dalam bulu-bulu walaupun masih dalam jumlah kecil. Ingat kucing kesayangan kita akan selalu menggaruk tubuh, atau bulunya apabila dia merasa gatal. Dan hal ini akan mengakibatkan bulu-bulu indahnya rontok, dan tidak menutup kemungkinan akan menjadikan lecet pada kulit si kucing.
  8. Mandikan kucing kesayangan kita secara teratur, dan bilamana perlu beri cairan antiseptik pembunuh kutu, agar kucing kesayangan kita terhindar dari kutu yang menggangu.
  9. Ingat kerontokan bulu kucing merupakan hal yang alamiah seperti halnya kerontokan pada rambut manusia. maka dari itu jangan khawatir apabila terjadi kerontokan bulu tetapi dalam jumlah yang wajar, karena hal ini merupakan proses alamiah dalam rangka mengganti bulu-bulu yang sudah waktunya mati atau sudah memasuki masa regenerasi.
Demikian beberapa tips dan metode untuk menjaga kesehatan bulu-bulu kucing kesayangan kita. Secara prinsip keindahan bulu kucing kesayangan kita akan terjaga manakala kita sebagai pemiliknya pedulu terhadap kesehatan yang meliputi asupan makanan yang seimbang, kesehatan kulit serta upaya menghindarkan kucing kesayangan kita dari kutu. 

1 comment:

  1. Beri makan yang cukup,berkualitas,gizi cukup,akan memberikan kesehatan pada kucing termasuk bulunya..

    ReplyDelete