Friday 13 February 2015

cara merawat anak kucing yang baru lahir

Seperti halnya mamalia lainnya, kucing juga mengalami proses melahirkan. Proses melahirkan kucing merupakan proses yang sebenarnya merupakan proses alamiah dan biasa terjadi bagi kucing betina.
Tetapi ada perlunya kita sebagai pemilik kucing kesayangan untuk mngerti beberapa hal untuk menangani agar proses melahirkan dapat berjalan dengan lancar, dan anak kucing yang dilahirkan dapat selamat dan tumbuh sehat. Adapun hal hal yang perlu untuk diperhatikan adalah sebagai berikut:
  1. Pastikan lingkungan tempat dimana kucing kesayangan kita akan melahirkan, tenang dan jauh dari kucing jantan. Karena kucing jantan apabila ada disekitar kucing betina yang akan melahirkan dikhawatirkan akan memangsa anak-anak kucing yang baru lahir.
  2. Pastikan tempat dimana kucing yang akan melahirkan aman dari serangga seperti semut dll. Serangga juga dapat mempengaruhi keberadaan anak kucing, dimana serangga akan mendekat dan mengkonsumsi sisa placenta dari proses melahirkan. 
  3. Siapkan tempat dengan alas yang hangat dan lembut, agar pada saat anak kucing lahir, mereka tidak merasa kedinginan dan cukup kehangatan.
  4. Bantu anak kucing yang telah lahir untuk menemukan puting susu induknya, agar mereka dapat dengan segera mendapatkan air susu induknya. Hal ini sangat penting, manakala jumlah anak kucing yang banyak atau lebih dari tiga, mereka dapat dipastikan akan berebut untuk mendapatkan sumber makanan atau air susu. Karena diawal kelahiran, dipastikan anak kucing masih dalam keadaan tertutup matanya, sehingga mereka akan berebut.
  5. Siapkan alas kain pengganti, karena biasanya bila kucing sudah agak lama, kucing akan merasa tidak nyaman dengan alas yang baru, dan dia akan memindahkan anak-anaknya ke tempat yang lebih bersih. Jadi supaya induk kucing nyaman dan anak-anaknya sehat, siapkan tempat atau alas untuk menyusui atau merawat anak kucing dengan yang baru.
  6. Bila sudah memasuki usia 3 mingguan, perlu ditambahkan minuman tambahan berupa susu cair, agar proses pertumbuhan anak-anak kucing kesayangan kita tercukupi nutrisinya.
Demikian beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memastikan kucing kesayangan kita dapat melahirkan dengan baik dan anak -anak kucing yang dilahirkan dapat selamat, aman dan tumbuh dengan sempurna.

1 comment:

  1. Numpang Lapak ya mimin :D , Terima kasih

    Anda ingin Peliharaan Kucing berkelas murah
    tapi bingung nyari di malang
    Kami ada Solusi :) (y) (y) di jamin dikontak langsung balas

    DI JUAL Anakan Kucing Persia Medium 4 Ekor (2 jantan 2 betina ), harga jantan 800k per ekor Nego, betina 750k per ekor Nego- Malang Only , Contact 085250532520. Pin: 2797E7F3

    ReplyDelete