Wednesday 15 July 2015

tips dasar dalam memelihara kucing kesayangan

Memelihara kucing kesayangan merupakan sebuah hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dalam memelihara kucing, sedikit banyak mirip dengan memelihara binatang kesayangan lainnya yaitu butuh kesabaran, rasa suka, rasa sayang dan perhatian khusus terhadap peliharaan kita. Rasa suka dan rasa sayang merupakan syarat mutlak kesuksesan dalam memelihara kucing. Tanpa kita memiliki rasa suka dan sayang terhadap kucing, maka dalam memelihara tidak akan terjadi komunikasi emosional yang positif. Kita hanya merasa dan menganggap memelihara kucing adalah suatu kewajiban dan bukan sebagai suatu bentuk hubungan yang saling membutuhkan dan tidak ada unsur kerelaan yang tulus. Kita akan merasa hambar dan merasa hal ini hanya sekedar kewajiban saja, dan hal inilah yang menjadikan kucing peliharaan kita tidak nyaman dan bisa jadi kucing kesayangan kita tidak akan betah tinggal dengan kita.

tips memelihara kucing, kucing kesayangan, cara memelihara kucing, cara memelihara kucing anggora, panduan merawat kucing

Selain rasa suka dan rasa sayang, dalam memelihara kucing perlu juga perhatian khusus dalam memberi makan dan minuman. Dengan rasa dan sikap yang positif, maka kita juga akan berfikir untuk memberi makan kucing kesayangan kita dengan sebaik-baiknya. Menu yang layak dikonsumsi, menu yang sehat harus kita berikan walaupun tidak harus mahal, apabila kita mengharapkan kucing kesayangan kita tumbuh dengan baik. Pemberian makanan dan minuman yang sehat, nutrisi yang cukup akan menjadikan kucing kesayangan kita sehat dan ceria. Selain dari faktor makanan, komunikasi yang positif akan memberikan dampak yang baik pula. Sebagai pemilik, kita juga harus rajin membersihkan kucing kesayangan kita, memandikan, menyisir dengan rutin dan membersihkan kandang atau lingkungan dimana kucing kesayangan kita beraktifitas. Ajaklah bermain sesekali dan berikanlah mainan yang bisa menjadikan kucing senang, karena bila kucing kita merasa senang akan menjadikan kucing kesayangan kita menjadi betah untuk tinggal dengan kita. Mandikan secara teratur dan periksakan ke dokter hewan sesekali walaupun kondisi kucing kesayangan kita tidak dalam kondisi sakit. Ajaklah kucing kesayangan kita untuk sesekali berjalan-jalan dilingkungan sekitar kita, agar dia lebih mengenal daerah sekitar tempat tinggal kita sebagai pemiliknya.

Dengan rasa sayang dan senang dalam memelihara kucing kesayangan kita, maka dalam proses memelihara kita sebagai pemilik tidak akan ada rasa berat atau tidak nyaman. Karena dengan dasar suka selain akan menimbulkan komunikasi positif, secara psikologi kita sebagai pemilik akan terjadi kedekatan emosional yang baik. Tidak ada rasa berat hati dan hasil positif bagi kita hal ini akan menjadi hiburan yang sangat menyenangkan. Kita sebagai pemilik akan merasa bahagia bila melihat kucing kesayangan kita tumbuh sehat, lincah dan ceria. Demikian beberapa tips dasar dalam memelihara kucing kesayangan agar si kucing betah, tumbuh sehat, ceria dan apabila kita tekuni, selain sebagai hobi, akan bisa menjadi peluang bisnis yang menarik dan menguntungkan.

No comments:

Post a Comment