Saturday 27 February 2016

cara menjinakkan kucing dengan aman

Bagaimanakah cara menjinakkan kucing dengan aman ?

Binatang kucing merupakan binatang yang sangat populer untuk dijadikan binatang peliharaan kesayangan. Selain karena keindahan bulunya, kucing yang telah jinak akan kelihatan lebih manja kepada sang pemiliknya. Kucing yang jinak merupakan dambaan bagi semua pemilik kucing kesayangan. Nah, selanjutnya adalah pertanyaan bagaimanakah cara untuk menjinakkan kucing yang liar ?. Secara prinsip kucing  juga merupakan mahluk yang perlu untuk mendapatkan perhatian dan apabila dia sering bersosialisasi dengan manusia, dia akan menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, dan secara perlahan sang kucing mulai beradaptasi dan menjadi lebih jinak.

cara menjinakkan kucing dengan aman, cara menjinakkan kucing persia, menjinakkan kucing liar, tips menjadikan kucing jinak,

Bagaimanakan langkah atau tips untuk menjinakkan kucing dengan aman ?

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat menjadi acuan kita untuk menjinakkan kucing yang masih liar. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut :
  1. Lihat kondisi kucing yang akan kita jinakkan, apabila kita dekati dan coba sentuh dia menunjukkan reaksi menolak, atau panik, maka jangan kita secara langsung untuk memaksa untuk lebih dekat. Jangan kita coba pegang, tetapi kita beri sedikit umpan makanan, yang artinya kita mencoba untuk berbaik dengan sang kucing.
  2. Biarkan kucing lebih tenang dan menanggapi keberadaan kita dengan mengambil makanan yang telah kita berikan.
  3. Panggil secara perlahan, jangan membentak dengan suara yang datar dan lembut agar tidak mengagetkan si kucing dan menjadikan si kucing mengerti kalau dirinya sedang ada yang mendekati
  4. Apabila si kucing sudah merasa tenang, berikan makanan tambahan secukupnya sampai dalam proses makan kita panggil dan elus dengan lembut agar si kucing lebih nyaman lagi.
  5. Berilah makan dengan teratur dan sesuai dengan jadwal, karena secara prinsip dia akan mengikuti siklus dan selalu pada proses memberikan makan selalu kita panggi dengan panggilan yang lembut.
  6. Lakukan tahapan tahapan ini dengan benar selama kurang lebih  satu bulan, maka kucing yang tadinya liar akan menjadi jinak dan lebih dekat dengan kita.
Demikian beberapa tips untuk menjinakkan kucing liar. Kucing juga merupakan mahluk hidup yang memiliki perasaan. Dia akan melakukan hal yang melawan apabila terjadi hal yang dia rasa akan mengganggu keselamatan dirinya. Tindakan protektif merupakan ciri dari setiap mahluk hidup yang mengalami gangguan. Dan hal ini juga berlaku bagi kucing. Salam .

No comments:

Post a Comment